November 10, 2018

Review Prediksi Geolokasi Data Media Sosial - Conference International Kedua

Tahun 2018 sudah mulai memasuki kuartal ke-empatnya, sebentar lagi umur penulis bertambah dan 2018 akan berganti menjadi 2019. Ada banyak hal luar biasa yang terjadi ditahun 2018 ini yang belum sempat penulis dokumentasikan pada blog ini. Maka pada sesi kuartal empat tahun 2018 ini akan berusaha menuliskan beberapa hal penting yang terjadi pada penulis selama 2018, salah satunya adalah conference international kedua penulis pada bulan maret 2018.

Foto Bersama Setelah Materi Keynote Speaker
Pada bulan maret 2018 diselenggarakan sebuah conference international yang diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia dengan nama 2018 International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT). Conference ini dilangsungkan rutin tiap tahun dengan lokasi yang berpindah-pindah. Tahun ini, penulis berkesempatan ikut sebagai salah satu speaker dengan judul paper "Geolocation prediction in social media data using text analysis: A review". Judul tersebut merupakan hasil studi literatur mengenai topik penelitian yang sedang penulis kerjakan yaitu prediksi geolokasi data sosial media.

Paper yang penulis kirimkan pada conference ini dapat penulis katakan spesial karna butuh waktu sampai 6 bulan lamanya untuk penulis menulis dan membuatnya. Paper ini memakan waktu pengerjaan yang jauh lebih lama dari paper pertama penulis tahun 2017 lalu. Ada beberapa hal yang membuat pengerjaannya sangat lama, beberapa diantaranya seperti banyaknya paper yang harus dibaca dan dimengerti, kemampuan penulis menulis literatur yang belum baik (menulis paper review punya kerumitan tersendiri dalam perangkaiannya ketimbang paper teknis), hingga pembimbing yang sangat ketat dalam membaca dan memberikan persetujuan ACC. hehe

Koreksi-koreksi dari pembimbing selama proses pengerjaan paper sempat membuat depresi, beberapa kali garis besar paper dirumah, belum lagi sulitnya bertemu karna jadwal beliau yang sulit. Saat mengerjakan paper ini, pengalaman pertama mendapat seorang pembimbing yang benar-benar membaca isi paper penulis dapatkan. Hal yang pada akhirnya penulis syukuri karna banyak pelajaran dalam menulis paper yang didapatkan dari beliau, dengan pengalaman dan hasil bimbingan beliau yang seringnya tembus jurnal-jurnal internasional bereputasi maka tidak mungkin koreksinya mengada-ngada, selalu ada pelajaran yang bisa diambil pada setiap perbaikan.

Pada akhirnya papernya disetujui dan penulis kirim pada conference ICOIACT dan berhasil diterima dengan minor revision. Hanya sedikit perbaikan saja yang diminta oleh reviewer, ini yang membedakan dengan paper pertama tanpa bimbingan yang terlalu banyak. Paper dengan pembimbingan yang serius dapat diterima dengan minor revision dan paper dengan sedikit bimbingan diterima dengan major revision. Kedua paper menunjukkan bahwa pembimbingan bisa sangat mempengaruhi hasil review.

Setelah menyelesaikan perbaikan minor dan mengirim final manuscript akhirnya presentasi paper dilangsungkan pada Maret 2018 kemarin. Pengalaman presentasi kedua ini juga sangat berbeda dengan pengalaman pertama dimana ada banyak sekali audience pada conference ICOIACT ini. Audience sebagian berasal dari akademisi Indonesia dan sebagian lagi berasal dari berbagai negara ASIA seperti Malaysia, Laos, Filipina, hingga China. Penulis mendapat kesempatan presentasi pagi, selama prosesnya ada banyak pertanyaan dari audience (sekitar 4-5 - lupa. hehe) yang dapat penulis jawab dengan baik (insyaAllah). Hingga presentasi penulis selesai rasanya sangat lega dan puas atas prosesnya. Seletah ini akan melanjutkan penelitian dari sisi teknis dan menyelesaikan penelitian ini.

Pesannya, dengarkan dan terima dengan baik koreksi-koreksi yang berdatangan saat menulis paper, karna bisa jadi apa yang kita tulis sudah benar menurut penulis sendiri tapi dapat membingungkan bagi pembaca. Paper terbaik dan sukses menurut penulis adalah paper yang mudah dipahami, bukan paper yang membuat pembaca menjadi bingung. hehe 

Ohiya, papernya bisa dibaca di: https://ieeexplore.ieee.org/document/8350674

Salam

Artikel Terkait

Review Prediksi Geolokasi Data Media Sosial - Conference International Kedua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda