August 9, 2016

Google Keep: Penunjang Catatan Sehari-hari

Setiap orang pasti pernah berada pada situasi dimana dia butuh untuk mencatat sesuatu yang dirasa penting untuk berjaga-jaga dari lupa. Perkembangan catat-mencatat telah berkembang dari yang dulunya dilakukan secara fisik pada buku hingga sekarang dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat mobile seperti smartphone.

Pada dasarnya aplikasi Note bawaan telah disematkan di hampir/semua perangkat smartphone, namun banyak dari pengguna smartphone memilih untuk menginstall aplikasi tambahan khusus catatan dengan berbagai pertimbangan. Situasi ini didukung dengan banyaknya aplikasi Note yang dapat dengan mudah di install pada app market. Dari banyaknya aplikasi Note yang tersedia saat ini, ada satu aplikasi yang bagi penulis merupakan aplikasi Note terbaik dari berbagai sisi namun masih kurang diketahui atau digunakan orang lain yaitu Google Keep.


Google Keep, seperti nama aplikasinya merupakan aplikasi buatan Google untuk menyimpan catatan-catatan sehari-hari. Kenapa aplikasi ini bisa penulis katakan sebagai aplikasi penyimpan catatan terbaik, berikut alasannya berdasarkan pengalaman penulis menggunakan aplikasi ini sejak 2015 lalu:
  1. Single Sign On
    Apa yang bagus dari menggunakan aplikasi-aplikasi Google? Single Sign On! Yah, ini lah salah satu keunggulan yang sangat memudahkan dalam menggunakan aplikasi catatan Google Keep, tidak perlu mengingat begitu banyak username dan password untuk login sana sini hanya untuk membuat catatan. Sekali pengguna login pada salah satu layanan Google seperti Gmail, Youtube dan lainnya secara otomatis juga langsung login pada Google Keep, very helpful.
  2. Desktop and Mobile Support
    Google Keep mendukung perangkat Desktop dan Mobile, catatan yang dibuat pada Desktop komputer melalui browser akan syncron dengan catatan yang ada di perangkat mobile, begitu juga sebaliknya. Jadi catatan apapun yang dibuat melalui desktop ataupun mobile dapat dengan mudah dibuka dengan media lainnya. Untuk penulis, yang biasanya menerima pengumuman-pengumuman penting di group chat smartphone namun lebih senang membaca dan membukanya melalui desktop komputer atau laptop, ini sangat membantu. Tinggal copy pengumumannya, simpan di Google Keep, buka dari laptop. Once again, very helpful.
    Mobile Viiew Google Keep
    Desktop View Google Keep
    Desktop : https://keep.google.com
    Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.keep
    AppStore : https://itunes.apple.com/id/app/google-keep-your-thoughts/id1029207872?mt=8
  3. Coloring Notes
    Tiap catatan yang dibuat bisa diberi warna berbeda satu dengan yang lain. Yup, catatn penting yang ingin di tandai agar mudah ditemukan bisa di beri warna! Ini salah satu fitur yang sangat sederhana tapi bisa sangat membantu.
  4. Simple and Easy to Use
    Google Keep punya tampilan yang sangat sederhana baik versi Desktop dan Mobile, tidak perlu waktu lama mamandang untuk mengerti cara menggunakan aplikasi ini saat pertama kali membukanya. Google Keep dibuat khusus untuk menulis catatan, pengguna tidak akan menemukan fitur-fitur berlebih seperti pembesar font, jenis font dan lainnya yang malah bisa membingungkan penggunakanya. It's just easy to use it.
  5. Featured 
    - Reminder
    Fitur lain yang keren adalah pengguna dapat membuat catatan kemudian mensetting agar catatan ini bisa diingatkan kepada pengguna pada waktu-waktu tertentu! Fitur ini bisa sangat membantu, contohnya bagi yang selalu lupa untuk minum obat.
    - Sharing
    Catatan dapat dibagikan dengan mudah ke sesama pengguna, hanya perlu menuliskan alamat email pengguna yang dikehendaki untuk berbagi catatan
    - Labeling
    Keperluan mencatat tiap orang tentu berbeda, untuk yang sering mencatat dengan banyak kebutuhan dan kategori seperti Kuliah, Usaha, dan lain-lain, tiap catatan pada Google Keep bisa di label sesuai dengan kategorinya. Sehingga catatan-catatan yang ada bisa di filter saat hendak mencari catatan yang diinginkan.
  6. Add Images
    Ingin membuat catatan yang didukung dengan gambar? Google Keep mendukung untuk kebutuhan ini, pada tiap catatan pengguna dapat menyematkan gambar sebagai informasi pendukung catatan.
  7. Link Preview
    Saat sebuah catatan mengandung link URL website tertentu, Google Keep memberikan link preview dibawah note yang dibuat. Tampilan link preview ini tidak menganggu catatan dan apabila memang ingin dihapus, Google Keep juga mengizinkannya.

Alasan-alasan diataslah yang mendasari penulis menjadikan Google Keep sebagai aplikasi penyimpan catatan sehari-hari. Tentu saja tiap aplikasi catatan yang lain juga memiliki keunggulan masing-masing. Tergantung dari Anda ingin menggunakan aplikasi yang mana, namun Google Keep merupakan aplikasi yang tidak ada salahnya untuk dicoba.

Artikel Terkait

Google Keep: Penunjang Catatan Sehari-hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda