June 24, 2016

Mengerti Tentang 7 OSI Layer

Dalam dunia komputer dan jaringan mendengar istilah “7 OSI (Open System Interconnection) Layer” tentu bukanlah sebuah hal baru. Jika mencari referensi di search engine (sebut saja mbah Google), berbagai macam artikel tentang OSI Layer akan kita temukan. Walau demikian, tidak ada salahnya kita membahas OSI Layer ini untuk menambah referensi dan sebagai catatan pribadi penulis, no one can be an expert without knowing the basic right?. Apa sebenarnya OSI Layer? dan dimana posisinya dalam sebuah jaringan? kita akan membahas secara konsepual dengan bahasa yang seringan mungkin.

Whatever your field is, don't forget about simple thing like basic theory, no one can be an expert without knowing the basic! - Yasir

Awal Dibentuknya Standar OSI Layer

Pada zaman dahulu kala (:D) sistem jaringan komputer sangat dipengaruhi oleh pemasok perangkat jaringan atau vendor jaringan. Sistem jaringan yang bergantung pada vendor masing-masing ini mengakibatkan cara kerja tiap jaringan berbeda, sehingga menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda vendor menjadi tidak mungkin. Masalah inilah yang mencadi cikal bakal lahirnya 7 OSI Layer Jaringan yang menjadi standar internasional dalam transmisi data sebuah system jaringan komputer.

OSI Layer menjadi standar komunikasi yang diterapkan dalam jaringan komputer. Adanya standar ini membuat seluruh alat komunikasi dari berbagai vendor dunia tetap dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Model OSI Layer menggambarkan bagaimana request / informasi dapat berpindah dari satu komputer ke komputer lain. Sama halnya saat user membuka laman sebuah website, request laman telah melalui perjalanan panjang dari komputer user, ke server website, dan kembali dalam bentuk halaman website pada browser user

7 OSI Layer 

Secara konsepsual OSI Layer terbagi menjadi 7 lapisan dimana setiap lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik, yaitu:
  1. Physical Layer 
    Layer physical merupakan lapisan untuk mendifinisikan media transmisi jaringan, listrik, arsitektur jaringan, pengkabelan guna pengiriman data.
  2. Data Link Layer
    Pada layer Data Link pengiriman data antar node jaringan berupa frameData Link layer terbagi menjadi 2 bagian yaitu Media Access Control (MAC) yang mengatur pengiriman data dan Logical Link Control (LLC) yang berfungsi untuk sinkronisasi frame, flow control, dan pemeriksaan error. Pada dasarnya Layer Data Link bertanggung jawab terhadap koneksi dari suatu node ke node berikutnya dalam komunikasi data.
  3. Network Layer 
    Berfungsi untuk menentukan jalur pengiriman data yang paling efisien dalam pengiriman data. Router dan Switch Layer-3 berada pada lapisan ini.
  4. Transport Layer 
    Bertanggung jawab dalam memecah data dalam paket-paket data terurut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan. Layer ini juga berfungsi sebagai handling error.
  5. Session Layer 
    Lapisan Session bertanggung jawab untuk membuat, menjaga, dan memutus koneksi.
  6. Presentation Layer 
    Layer Presentation bekerja untuk mengubah bentuk data dari bentuk data yang diterima dari aplikasi ke bentuk data yang dapat di transmisikan lewat melalui jaringan. Pada layer Presentation pula enkripsi dan dekripsi data dilakukan.
  7. Application Layer 
    Pada lapisan ini terjadi interaksi dengan pengguna dilakukan. Berfungsi sebagai antarmuka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. Protokol yang bekerja pada layer ini diantaranya HTTP, FTP, dan SMTP

Bentuk Data Tiap Layer

Bentuk data tiap lapisan OSI layer digambarkan sebagai berikut:

Model Data Tiap Lapisan OSI

Siklus OSI Layer

Jika di urutkan, dalam contoh kasus pengguna 1 mengirim data ke pengguna 2, jalannya request seperti di perlihatkan gambar dibawah ini:

Siklus transmisi data
Dari ilustrasi diatas bisa kita simpulkan untuk melakukan pengiriman data melalui jaringan, seorang pengguna memulainya dari layer Application sampai Physical, di transmisikan kemudian di terima oleh pengguna 2 dari layer Physical ke layer Aplication.

Untuk lebih memahami konsep layer, ada beberapa video yang menarik dan bisa menjadi investasi waktu yang baik untuk di tonton, salah satunya:

Video by TechnoloJaye
Ada beberapa video lainnya yang akan sangat membantu untuk lebih memahami tentang OSI Layer dapat ditemukan dengan mudah di YouTube, so take your time to watch them ! :)

Artikel Terkait

Mengerti Tentang 7 OSI Layer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda