February 28, 2016

Mengapa Perlu Menggunakan Linkedin?

Sudah tahukah Anda sosial media LinkedIn? sudah punya kah akun disana? seberapa sering membuka akun LinkedIn? Untuk banyak orang, LinkedIn merupakan sosial media yang terkesan aneh dan canggung.
Teman-teman disekitar saya mungkin akan berangapan dan berkata seperti "Saya sudah punya akun LinkedIn tapi tidak tahu apa diapakan" atau "Saya tidak butuh LinkedIn, saya sudah punya cukup akun sosial media yang lain". Anggapan ini perlu untuk diluruskan karena pada dasarnya LinkedIn merupakan sosial media anti mainstream yang sangat bernilai dan bermanfaat untuk penggunanya.

LinkedIn merupakan sosial media yang berisi resume atau riwayat hidup seseorang serta pencapaian-pencapaian orang tersebut. LinkedIn berisi Orang-orang dengan latar belakang pendidikan / pengalaman yang baik. Dalam situs ini ada banyak peneliti, pegawai, manajer, CEO sebuah perusahaan, hingga orang-orang yang profesional dalam bidangnya masing-masing membuat LinkedIn menjadi sosial media yang lebih dari sekedar sosial media.

Sekarang ini LinkedIn juga sudah banyak digunakan sebagai acuan dalam melamar pekerjaan khususnya lamaran kerja via online, dengan LinkedIn seluruh resume dapat dicantumkan mulai dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, organisasi hingga proyek-proyek pekerjaan yang telah seseorang kerjakan.

Sampai sini apakah alasan untuk serius menggunakan LinkedIn masih kurang? ada 10 alasan lain mengapa sebaiknya kita menggunakan LinkedIn, diantaranya:

  1. Memperlihatkan Sisi Profesionalisme
    Dibandingkan dengan sesuatu yang biasa dilihat di sosial media seperti facebook dan twitter, LinkedIn lebih memperlihatkan sisi profesionalisme, pencapaian diri, pendidikan, dan professional interest. Kredibilitas Anda bisa dilihat disini.
  2. Profil LinkedIn sebagai Resume / Riwayat Hidup
    Profil Anda pada LinkedIn adalah sebuah resume atau riwayat hidup diri sendiri, berbeda dengan resume pada umumnya yang hanya 1-2 halaman saja, di LinkedIn resume seseorang dapat benar-benar ter-cover dalam satu halaman website.
  3. Publikasikan Kemampuan Diri
    Dengan menggunakan LinkedIn secara tidak langsung juga mempublikasikan diri, mem-posting di LinkedIn bisa jadi ajang mempublikasikan hasil penelitian, produk, usaha dan jasa.
  4. Berbagi Kontak
    Kemampuan diri dalam sebuah bidang bisa saja dibutuhkan oleh orang lain atau perusahaan lain kedepannya, dengan bergabung di LinkedIn akan lebih mudah bagi siapa saja untuk menemukan seseorang dengan kemampuan seperti diri Anda untuk membantu dan bergabung bersama.
  5. Melamar Kerja dengan Profil Anda
    Profil pada LinkedIn yang berbentuk seperti sebuah resume dapat dimanfaatkan untuk melamar sebuah pekerjaan apalagi saat ini dan dimasa depan aplikasi-aplikasi lamaran kerja akan banyak dilakukan secara online.
  6. Sebagai Referensi Diri Anda dalam Pencarian Google
    Jika seseorang mencari nama Anda di Google tentu saja Anda ingin agar hasil pencarian tersebut memperlihatkan pencapaian-pencapaian Anda selama ini. Sederhananya yang manakah yang lebih baik jika seseorang mencari nama Anda di Google, result-nya facebook atau profil profesional linkedin Anda?
  7. Mendapat Rekomendasi dan Endorse dari Orang Lain
    LinkedIn memiliki sebuah fitur dimana skill yang dicantumkan penggunanya dapat di endorse oleh orang lain, fungsinya agar skill yang dicantumkan tersebut memiliki saksi bahwa benar orang tersebut memiliki skill dibidang yang ia cantumkan. Fitur ini membuat profil LinkedIn menjadi lebih kredible.
  8. Publikasikan Produk dan Jasa
    Anda bisa mempublikasikan produk dan jasa di situs ini, tunjukkan kelebihan dari produk dan jasa atau bahkan promosikan diri anda sebagai seorang profesional dibidangnya. Ambil semua kesempatan untuk mempromosikan diri dan produk Anda.
  9. Belajar Hal Baru
    Berteman dengan banyak orang baru di situs ini berarti banyak belajar hal baru. Posting yang dibagikan pada situs ini selalu berorientasi pendidikan atau update artikel terbaru. Jadi kita akan selalu belajar hal baru, terlebih jika Anda juga mengikuti berbagai macam group sesuai bidang kegemaran Anda.
  10. Memperluas Jaringan Profesional
    Ini adalah sesuatu yang penting walaupun saya menempatkannya pada urutan nomor 10 yaitu memperluas jaringan profesional. Situs ini adalah situs jaringan profesional dimana kesempatan kerja, penawaran produk jasa, informasi update bertebaran melalui orang-orang dari berbagai bidang, bisa jadi ini adalah kesempatan bagi Anda untuk lebih berkembang dimasa yang datang.
Tidak ada salahnya untuk membuat profil di LinkedIn sebagai akun sosial media profesional Anda, siapa yang akan tahu dari mana datangnya kesempatan. Tetap positif dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengapa Perlu Menggunakan Linkedin?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

March 6, 2016 at 4:38 PM delete

Linkedin itu apakah sudah ada yg menerapkan untuk penerimaan karyawan di Indonesia.

Reply
avatar
April 4, 2016 at 2:36 PM delete

Halo Robin. sebagai syarat untuk penerimaan saya pribadi belum menemukan, tapi saya pernah menemukan salah satu perusahaan (sudah lupa nama perusahaannya) membuka pendaftaran dengan 2 metode yaitu isian form dan via linkedin.

Reply
avatar

Tambahkan Komentar Anda