January 24, 2016

Review Perjalan ke Celebes Canyon Barru

Yeah. Liburan, walaupun cuma sehari saja. Ditengah padatnya tugas, hari minggu 17 Januari 2016 lalu saya bersama teman-teman LPDP PK56 Regional Sulawesi menyempatkan diri untuk KopDar dan silaturrahmi sambil jalan-jalan ke Celebes Canyon, Desa Libureng, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan.

Celebes Canyon dipilih bertepatan dengan adanya kegiatan JILC Maros yang ingin mengajak peserta didiknya refreshing sebelum kosentrasi penuh untuk UN dan ujian penerimaan mahasiswa PTN. Saya bisa dikatakan “nebeng” liburan bersama dengan mereka.

Perjalan hari minggu dimulai dari kota Makassar, sekitar pukul 7.30. Perjalan ke Barru kira-kira akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalan. Sebaiknya bagi anda yang berangkat dari luar kabupaten Barru memperhitungkan waktu pulang-pergi yang akan dihabiskan dijalan. Celebes Canyon Terletak di Kecamatan Tanete Riaja, ini tidak jauh dari perbatasan Pangkep-Barru.

Sesampainya dilokasi desa Libureng, kesan saya penduduk lokal sangat ramah dan informatif, mereka membantu memberikan informasi jalan hingga mengijinkan pengunjung untuk memarkir kendaraan didepan rumah atau bahkan pekarangan rumah mereka tanpa biaya parkir. Dari lokasi memarkir kendaraan menuju lokasi Celebes Canyon ditempuh dengan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit, ini bisa disingkat bagi pengendara motor dan mobil yang ingin membawa masuk kendaraannya hingga kawasan terdekat dengan Celebes Canyon. Sampai di persinggahan terdekat sebelum Celebes Canyon, tiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 3.000 per-orang dan akan dipandu perjalan menyusuri area persawahan menuju sungai Ule, letak Celebes Canyon berada.

Selama perjalan baik dari jalan menyusuri desa Libureng sampai dengan jalan setapat melintasi area persawahan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk. Khususnya diaera persawahan yang bagi saya pribadi sangat menawan ditambah dengan pemandangan pengunungan, nikmati tiap proses penjalannya, kapan lagi.

Sampailah di sungai Ule, mulai terlihat sungai dengan bebatuan yang memukau. Airnya saat itu agak kecoklatan karna saya datang saat tengah musim hujan, tapi ini tidak menurunkan rasa kagum akan tempat ini.

Celebes Canyon akhirnya menyapa dengan bebatuan yang mengagumkan, ada air terjun mini beberapa tingkat, kolam-kolam kecil dengan dinding bebatuan bisa dipakai untuk berendam. Saya menyempatkan diri mengambil beberapa dokumentasi foto dan video. Celebes Canyon mengingatkan saya dengan kenangan masa kecil saat masih menjadi anak sungai yang suka ngebolang, tapi dengan tambahan kesan eksotis bebatuan yang luar biasa. Bahkan ada tepat untuk melompat terjun dari dinding batu sekitar 2,5 meter menuju kolam alami dibawahnya.

Berikut video rangkuman penjalan ke Celebes Canyon:


Saran saya bagi yang ingin berkunjung untuk membawa perbekalan dari rumah, karna saat tiba di Celebes Canyon tidak ada penjual yang akan ditemui. Nikmati alamnya, ingat sampahnya kembali dibawa pulang, jangan corat coret dibebatuan dan hanya foto yang bisa diambil untuk dibawa pulang. Selamat liburan!! :D

Artikel Terkait

Review Perjalan ke Celebes Canyon Barru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda